Rabu, 22 Agustus 2018

Pengertian Framework, dan Perbedaan Codeigniter Vs Laravel

yii-ci-laravel2

Pengertian Framework

Pengertian Framework secara umum adalah sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk mempermudah para developer software dalam membuat dan mengembangkan aplikasi. Framework berisikan perintah dan fungsi dasar yang umum digunakan untuk membangun sebuah software aplikasi sehingga diharapkan aplikasi dapat dibangun dengan lebih cepat serta tersusun dan terstruktur dengan cukup rapi. Framework juga bisa diartikan sebagai komponen - komponen pemrograman yang sudah jadi dan siap untuk digunakan kapan saja, sehingga pengembang aplikasi tidak perlu lagi membuat scrip yang sama untuk tugas - tugas yang sama.

Pengertian Framework Secara Teknis adalah kumpulan intruksi-intruksi yang di kumpulkan dalam class dan function-function dengan fungsi masing-masing untuk memudahkan developer dalam pemanggilannya tanpa harus menuliskan syntax program yang sama berulang-ulang. hal ini memiliki kegunaan untuk menghemat waktu dan mencegah penulisan syntax secara berulang-ulang agar tercipta nya source code yang bersih dan terstruktur.

Codeigniter & Laravel

Codeigniter & Laravel adalah sebuah framework php yang bersifat open source dan menggunakan metode MVC (Model, View, Controller). codeigniter bersifat free alias tidak berbayar jika anda menggunakannya. framework codeigniter di buat dengan tujuan sama seperti framework lainnya yaitu untuk memudahkan developer atau programmer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web tanpa harus membuat nya dari awal.

Pengertian MVC (Model, View, Controller).

  • Model
    Model merupakan bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan atau manipulasi database. seperti misalnya mengambil data dari database, menginput dan pengolahan database lainnya. semua intruksi yang berhubung dengan pengolahan database di letakkan di dalam model.
  • View
    View merupakan bagian yang menangani halaman user interface atau halaman yang muncul pada user. tampilan dari user interface di kumpulkan pada view untuk memisahkannya dengan controller dan model sehingga memudahkan web designer dalam melakukan pengembangan tampilan halaman website.
  • Controller
    Controller merupakan kumpulan intruksi aksi yang menghubungkan model dan view, jadi user tidak akan berhubungan dengan model secara langsung, intinya dari view kemudian controller yang mengolah intruksi.

Perbedaan Codeigniter dan Laravel

pengertian dari kedua framework memang sama namun berikut perbedaan Codeigniter:

No CodeIgniter Laravel
1 Proses instalasi mudah Proses Instalasi sedikit lebih rumit 
2 Syntax yang dipakai tidak banyak berubah dari PHP native jadi mudah bagi anda yang awal dalam pemakaian Framework Syntax sudah dicustom jadi anda harus menyesuaikan penggunaan syntax sesuai dengan ketentuan Laravel, bagi pemula maka butuh waktu extra untuk mempelajari syntax yang ada
3 Code bisa saja acak2an bisa juga Rapi/bersih tergantung pemakai, hal ini dikarenakan masih bisa menggunakan PHP layaknya native. Clean Code atau kode tersusun bersih karena penyesuaian dari syntax yang diterapkan oleh laravel
4 Penggunaan Resource minimal artinya tidak memakan banyak resource Penggunaan resource tergolong besar namun seiring diupdate mungkin akan mengalami peningkatan

Keterangan :

  • warna hijau menandakan kelebihan
  • warna merah menandakan kekurangan
  • warna hitam netral

Kesimpulan

dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa kedua framework memang terkenal dan sama-sama bisa diandalkan, namun bagi anda yang terbiasa dengan PHP native maka akan lebih mudah menggunakan Codeigniter, namun jika anda suka sesuatu yang rapi atau butuh kerapian dalam penulisan kode ini bermanfaat jika anda bekerja team maka anda bisa memakai Laravel walaupun Codeigniter juga bisa dibuat rapi tergantung dari Pengembangnya, secara keseluruhan kami lebih suka memakai Codeigniter ketimbang Laravel dengan pertimbangan sesuai dengan tabel diatas.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 WANMYDEV - Blog.